Sponsored

kolom search
ketik saja apa yang mau kalian search lalu klik yg kolom dari "web" karena hasil search dari google

musik search

SYALOM kami cah bethel community mengucapkan selamat datang di blog ini, sebarkan blog ini ke semua orang, terima kasih TUHAN memberkati

Kamis, 11 Maret 2010

CARA MERAWAT PIANO


Berapa kali piano harus disetel?

Umumnya piano harus disetel dua kali setahun agar kondisi tetap baik. Harap dicatat bahwa piano tetap harus disetel tanpa melihat apakah piano dimainkan atau tidak. Piano baru atau piano dengan senar baru mungkin diperlukan untuk disetel 3 - 4 kali pada tahun pertama. Ini adalah karena senar baru tersebut harus beradaptasi terhadap regangan yang terjadi. Piano yang dipergunakan sangat sering, seperti yang digunakan sepanjang hari untuk pelajaran piano, atau yang sering digunakan berjam-jam oleh para pemain ahli untuk latihan, maka akan diperlukan untuk disetel setiap 2 – 3 bulan.

Penempatan Piano pada Ruangan

Tempatkan piano jauh dari semua yang berhubungan dengan panas yang berlebihan (pemanas, kompor, dll). Karena hal ini dapat mengeringkan udara sekitar ruangan, sehingga dapat mempengaruhi kestabilan senar dan juga menyebabkan keretakan pada papan suara piano. Usahakan juga jangan terkena sinar matahari langsing yang dapat menyebabkan kerusakan pada fisik piano.
Selain itu perhatikan juga barang-barang lain yang ada di ruangan yang dapat mempengaruhi suara dari piano. Karpet biasanya bisa menyerap suara, sementara kayu bisa memperkuat suaranya sehingga terdengar seperti live music. Jika anda merasa bahwa piano anda terlalu keras, anda bisa menggunakan karpet sebagai peredam, demikian juga sebaliknya.


Membersihkan dan Menyemir Piano

Menyemir Piano: Umumnya disepakati tidak direkomendasikan untuk meyemir piano menggunakan semir untuk alat-alat mebel. Cara terbaik adalah dengan menggunakan kain lembut untuk membersihkan debu. Kemudian untuk semir dapat menggunakan semir khusus yang bisa dibeli di toko piano. Biasanya semir ini bersifat anti-static yang dapat menjaga piano anda dari debu.

Membersihkan Tuts Piano: Cara terbaik untuk membersihkan tuts piano adalah dengan menggunakan satu bahan lembut yang lembab. Jika ternyata masih sulit, bisa juga menggunakan sedikit sabun. Setelah itu harus segera dikeringkan kembali dengan bahan lembut yang kering. Jangan pernah menggunakan bahan2 kimia atau pembersih cair pada tuts piano.

Membersihkan Bagian Dalam dari Piano: Umumnya direkomendasikan bahwa untuk bagian dalam piano dibersihakan hanya dengan seorang yang ahli (teknisi). Karena banyak bagian yang mudah patah, maka sebaiknya menggunakan seorang teknisi yang berpengalaman.

Merawat piano secara benar tidak hanya menjaga kestabilan suara dan penampilan dari piano, tetapi juga bisa memperthankan harga jual piano anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar